Tentang 3D Model

16 12 2011

1. Model 3D

Menggambar model 3D dengan menggunakan program Autocad sangatlah mudah dan simple. basicly dari penggambaran model 3D adalah bentuk model yang memiliki koordinat X, Y, Z. Sebelum mengerjakan pemodelan 3D lebihlanjut, pertama kita harus mengenal bentuk-bentuk dasar model 3D. penggambaran model 3D hendaknya dimulai dengan model 2D terlebih dahulu agar sewaktu-waktu bisa di edit dan di kombinasi sesuai kebutuhan. Kemudian obyek 2D tersebut kita extrude atau dibentuk menjadi model 3D.

Di program Autocad biasa kita kenal jenis 3D obyek dasar antara lain solid, surface, and mesh objects. Nah, seperti apakah model-model tersebut?. Disini akan saya jelaskan mengenai solid, surface, and mesh object.

2. Obyek solid Modeling/Primitive

Secara umum, Obyek-obyek solid/primitive adalah bentuk 3D yang memiliki massa, volume, titik gravitasi dan momen inersia. solid modeling dasar yang kita ketahui antara lain Kubus, Silinder, Konus, Piramida, Irisan/Wedge, Bola, Tori (Donat), Polysolid. Maka dari bentuk-bentuk dasar tersebut bisa kita bentuk maupun diolah menjadi sebuah obyek solid, mesh dan surface atau bisa dikombinasi dengan beberapa polysolid.

1.1.        Obyek solid primitive


Aksi

Information

One response

30 05 2013
givarh

Request tutorial google sketchup dong mas, sepertinya untuk penggambaran 3D lebih simple menggunakan Google SketchUp daripada menggunakan AutoCAD.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: